Cara Merawat Gitar Akustik Yang Perlu Anda Ketahui - Paket Kita Cara Merawat Gitar Akustik Yang Perlu Anda Ketahui - Paket Kita

Cara Merawat Gitar Akustik Yang Perlu Anda Ketahui

Gitar akustik merupakan salah satu alat musik yang paling sering ditemukan pada saat pergelaran musik dilakukan. Baik itu pergelaran musik yang diadakan di dalam negeri maupun di luar negeri. Yah, alat musik ini dikenal sebagai salah satu jenis alat musik gitar yang memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan melodi terbaik dan cocok dalam suatu musik. Bukan hanya khas akan band saja yang memiliki jenis gitar ini, bahkan orang awam sekalipun juga banyak yang punya gitar ini di rumahnya. Alasannya, agar saat waktu senggang dirinya bisa memainkan gitar tersebut untuk mengisi waktu luangnya tersebut. Selain itu, karena alat musik ini memiliki kunci yang sangat sederhana, tidak jarang banyak orang awam yang memulai belajar musik dari dasar bermain gitar ini. Nah, apakah Anda adalah salah satunya?

Pentingnya Melakukan Perawatan Pada Gitar Akustik

Perawatan dalam alat musik adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh semua pemiliknya. Dengan adanya perawatan ini, alat musik yang Anda miliki tersebut bisa tetap awet dan tahan lama dengan suara yang tetap nyaring walaupun sudah berusia tua. Agar alat musik bisa awet dan tahan lama, melakukan berbagai langkah perawatan sangat disarankan. Dasarnya, perawatan semua alat musik tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, karena berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan. Setiap alat musik memiliki cara perawatan masing-masing yang disesuaikan dengan kegunaan alat musik itu sendiri. Begitu pula dengan cara merawat gitar yang perlu diperhatikan agar perawatan yang dilakukan bisa mendapatkan hasil yang benar-benar optimal.
Merawat gitar adalah langkah penting agar menjadikan gitar bisa lebih nyaman digunakan dan juga mempunyai umur yang panjang alias tahan lama. Sama dengan alat musik lain pada umumnya, merawat gitar akustik juga membutuhkan beberapa langkah strategis yang penting dilakukan agar kualitas suaranya tetap bisa bertahan dengan baik. Melakukan berbagai perawatan dalam langkah yang sudah disediakan ini sangat penting untuk dilakukan. Walaupun kita tahu bahwa dasarnya gitar ini hanya berbahan dasar dari kayu yang bisa dilakukan perawatan apapun. Maksudnya, jangan samakan merawat gitar dengan me-lap meja atau kursi yang hanya dengan mengelapnya saja pasti sudah bersih, baik dan nyaman digunakan. Walaupun secara garis besar memang gitar ini terbuat dari bahan yang sama dengan meja dan kursi.
Bagaimana jika Anda tidak melakukan perawatan yang bagus ataupun tepat sasaran? Tentunya akan ada kerugian yang sangat besar yang bisa Anda dapatkan. Khususnya pada alat musik gitar yang Anda miliki. Salah satu kerugian besar yang akan didapatkan adalah akan mempengaruhi bagian-bagian penting dari gitar itu sendiri. Misalkan saja pada bagian stang, neck dan gitar akan melengkung. Bahkan ada juga gitar yang langsung keropos karena salah dalam meletakkan gitar tersebut. Hal tersebut disebabkan karena gitar sangat sensitif terhadap kelembaban. Sehingga menjadikan pemiliknya harus selalu memperhatikan kelembaban tempat gitar disimpan. Tidak sedikit orang yang merasakan bunyi yang dihasilkan juga tidak nyaring karena perawatan yang salah. Agar Anda tidak mengalami beberapa hal tersebut, melakukan perawatan yang terbaik pada gitar adalah hal yang sangat penting.

Teknik Merawat Gitar Akustik

Ada beberapa teknik dasar yang perlu dipertimbangkan agar perawatan gitar akustik bisa benar-benar menghasilkan perawatan yang optimal, sehingga menjadikan gitar tersebut bisa nyaman saat digunakan dan juga bisa tahan lama. Berikut adalah beberapa teknik dasar merawat gitar tersebut:
1.     Simpan gitar dengan posisi yang nyaman dan aman
Perlu Anda ketahui bahwa alat musik yang satu ini bisa dikatakan sangat rawan rusak, kecuali jika Anda melakukan perawatan yang benar-benar terbaik. Salah satu faktor yang menyebabkan gitar ini cepat rusak adalah cara peletakkan dan penyimpannya yang salah. Jadi, Anda jangan menyimpan gitar ini sembarangan agar tidak mudah rusak. Peletakannya juga perlu dipertimbangkan, pastikan bahwa gitar berada pada posisi yang benar dan juga baik. Untuk penyimpanannya Ada bisa memanfaatkan stand gitar yang dijadikan sebagai dudukan agar gitar nantinya tidak rusak dan lecet saat disimpan. Selain itu, stand gitar juga sering digunakan sebagai alat untuk meletakkan dan memajang gitar ini di dalam kamar. Read also: Harga gitar elektrik terbaik
2.     Disarankan untuk mengendurkan senar gitar
Jika gitar akustik akan disimpan dalam waktu yang lama karena tidak digunakan sebaiknya mengendurkan bagian senar gitar tersebut. Hal ini bertujuan agar tidak membuat permukaan gitar nantinya akan kendur. Bagi Anda yang akan menggunakan gitar ini setiap hari, tidak mengendurkan bagian senar gitar juga tidak menjadi masalah. Namun pastikan bahwa Anda memiliki senar yang benar-benar berkualitas baik. Agar bagian neck gitar nantinya tidak melengkung saat Anda membeli senar yang abal-abal. Anda bisa mendapatkan senar berkualitas dari toko alat musik yang terpercaya dan juga terbaik di kota Anda.
3.     Membersihkan gitar dengan rutin
Maksud dari membersihkan gitar dengan rutin disini adalah membersihkan gitar secara berkala. Anda tidak perlu setiap hari membersihkannya. Namun pastikan bahwa Anda harus benar-benar membersihkannya minimal dalam sebulan sekali ataupun juga bisa seminggu sekali jika ada waktu senggang. Saat membersihkan gitar, pastikan Anda menggunakan pembersih untuk membersihkan gitar. Jadi, jangan menggunakan air biasa untuk membersihkannya. Hal tersebut disebabkan karena air biasa akan menyebabkan gitar akustik akan mudah keropos dan juga rusak. Perlu diperhatikan bahwa jangan menyemprotkan air tersebut langsung ke permukaan gitar. Namun, disarankan untuk mengaplikasikannya terlebih dahulu kedalam kain.
4.     Pastikan tempat penyimpanan gitar sesuai dengan suhu yang direkomendasi
Saat penyimpanan, harap menyimpan gitar pada suhu yang hangat dan juga cocok dengan rekomendasi penyimpanan gitar. Memperhatikan suhu gitar ini akan menjadikan kayu yang ada dalam gitar bisa tetap kering dan juga memberikan bunyi nada yang tetap nyaring. Namun, jangan menyimpan gitar pada suhu yang terlalu panas. Hal tersebut akan menjadikan gitar akan menjadi mudah rusak. Karena dengan suhu yang terlalu panas, biasanya lem gitar akan mudah mengelupas dan tentunya akan menjadikan gitar mudah sekali rusak.
Namun perhatikan pula jangan menyimpan gitar pada suhu yang terlalu dingin. Hal tersebut akan menjadikan gitar menjadi lebih lembab dan akhirnya akan menjadikan bunyi akan terlihat dengan mengendap dan juga tidak bisa nyaring. Pastikan bahwa Anda jangan hanya mendiamkan saja gitar yang terkena air dalam waktu yang lama. Jika gitar terkena air, disarankan untuk segera mengelapnya menggunakan kain dengan permukana yang lembut. Hal ini bisa mengurangi resiko yang membuat suara gitar tidak akan nyaring lagi.

Cara merawat gitar akustik memang sangat penting dilakukan. Bagi Anda yang ingin gitarnya bisa lebih tahan lama dan bisa menghasilkan nada yang sesuai, pastikan melakukan perawatan yang benar-benar baik dan juga disarankan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Gitar Akustik Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar