Digital Banking, Masa Depan Dunia Perbankan - Paket Kita Digital Banking, Masa Depan Dunia Perbankan - Paket Kita

Digital Banking, Masa Depan Dunia Perbankan

Di era digital saat ini, berbagai inovasi hadir silih berganti. Aktivitas kehidupan manusia modern yang semakin kompleks dimudahkan dengan munculnya berbagai inovasi teknologi di berbagai bidang. Termasuk di dalamnya inovasi di bidang finansial dan perbankan dengan munculnya financial technology. Inovasi digital banking bermunculan untuk memudahkan orang mendapatkan akses layanan perbankan dalam mengatur keuangan tanpa perlu repot mendatangi kantor cabang bank.

Perkembangan digital banking Indonesia mendapat dukungan dari Pemerintah RI. Melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pemerintah mendorong dan memfasilitasi bank-bank yang beroperasi di Indonesia untuk membuka akses perbankan dan finansial kepada masyarakat melalui layanan perbankan digital. Dikutip dari situs resmi OJK, layanan perbankan digital adalah layanan atau kegiatan perbankan dengan menggunakan sarana elektronik atau digital milik Bank, dan/atau melalui media digital milik calon nasabah dan/atau nasabah Bank, yang dilakukan secara mandiri.

Ke depannya dukungan dari regulator  akan memicu pelaku jasa keuangan menciptakan inovasi perbankan digital untuk menjangkau masyarakat yang ada di pelosok daerah. Dengan begitu, berbagai macam transaksi perbankan kini bisa dilakukan kapan pun dan di manapun, tanpa harus mendatangi kantor cabang bank.

Indonesia Banking Survey 2017 yang dirilis lembaga audit Pricewaterhouse Coopers (PwC), menunjukkan bahwa bank-bank Indonesia memiliki keinginan yang kuat untuk membuat inovasi digital banking. Berdasarkan survei tersebut, PwC menyatakan bahwa 84% bank di Indonesia yang mengikuti survei ini ingin berinvestasi pada sektor teknologi dalam 18 bulan ke depan.


Melihat perkembangan digital banking Indonesia, tentu tidak hanya terbatas pada produk yang kini telah hadir di pasaran. Perkembangan perbakan digital saat ini dapat dilihat sebagai transformasi dalam industri perbankan yang tak terhindarkan di masa mendatang. Digital banking adalah bagian tidak terpisahkan dari masa depan dunia perbankan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Digital Banking, Masa Depan Dunia Perbankan"

Posting Komentar